30 Mei 2021

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Profipen Pada Materi Konflik Sosial

30 Mei 2021


PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK  
MELALUI  PROFIPEN PADA MATERI KONFLIK SOSIAL. 

Achmad Satim
Guru SMA Negeri 1 Sintang
Email:ahmadsatimstg@gmail.com
      
Abstrak:

Dalam pembelajaran Memahami Konflik Sosial peserta didik SMA Negeri 1 Sintang masih banyak yang di bawah KKM (KKM 70) terutama dalam menyelesaikan soal Ulangan Harian. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Sosiologi tersebut yaitu melalui PROFIPEN (Proyek Film Pendek).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas XI IPS1 tahun pelajaran 2017/2018 dalam Memahami Konflik Sosial melalui PROFIPEN (Proyek Film Pendek).
Subyek penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Sintang  berjumlah 33 orang seorang guru Sosiologi dan dua orang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar peserta dididik, hasil observasi guru, hasil observasi peserta dididik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% peserta dididik memperoleh nilai ≥ 70.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 12% dengan nilai rata-rata 53,8 dan pada siklus II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 72,7 (2) Skor aktivitas peserta dididik pada siklus I sebesar 12% dan pada siklus II sebesar 88%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tereapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.

Kata kunci; Peningkatan, Proyek Film Pendek, Hasil Belajar

Selengkapnya (unduh di sini)




Karya Ilmiah







Show comments