17 Juni 2021

IGI Sintang Siap Berkolaborasi dalam Membangun Literasi Budaya dan Sejarah Sintang

17 Juni 2021


Kenapa kita masih suka membaca buku sampai saat ini? Disaat era digital maju dengan sangat cepat tanpa kompromi dan toleransi.

Pertanyaan sederhana yang mungkin akan memunculkan banyak jawaban, anggap saja salah satu jawabanya adalah supaya hidup kita memiliki aktivitas yang berfaedah.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Susana Raguniaty, SE, M.Si menerima dengan hangat kedatangan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sintang, Suprianto, S.Pd di dampingi Duta Rumah Belajar Kalbar 2018 Rufina Sekunda, S.Pd, Kamis (17/06/21).  Dalam pertemuan itu, Susana menyampaikan niatnya untuk mengajak rekan-rekan penulis di IGI Sintang agar bergabung dalam project kebudayaan untuk menghasilkan buku-buku yang memuat cerita, adat istiadat dan tradisi yang ada di Kabupaten Sintang. 

Beliau percaya bahwa dengan ditulis dalam sebuah buku, semua rekam jejak sejarah, adat istiadat dan tradisi budaya Sintang tidak akan hilang dan dapat terus dijaga oleh anak-anak Sintang dari masa ke masa.

Project ini erat kaitannya dengan salah satu program yang akan dilaksanakan oleh IGI Sintang yaitu menulis buku MULOK tentang adat istiadat yang ada di Kabupaten Sintang, dimana nantinya akan menjadi sumber belajar bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD). 

Suprianto memaparkan bahwa kita semua sudah tahu  setiap tanggal 17 Mei Indonesia memperingati Hari Buku Nasional dan Hari Perpustakaan Nasional. Oleh karena itu, IGI Sintang boleh berbangga karena telah ambil bagian dalam misi mulia ini salah satunya  dengan melatih guru-guru di Sintang dalam menulis sampai menerbitkan buku, sehingga saat ini jumlah buku yang terbit setiap tahunnya  terus meningkat.

Hal serupa juga ditegaskan Rufina Sekunda Duta Rumah Belajar Kalbar 2018 yang mengajak rekan guru dan peserta sekalian agar membudayakan membaca buku dan rajin menulis karena dengan  membaca kita menjadi banyak tahu dengan semakin luas wawasan dan pengetahuan serta semakin baik cara kita berpikir. Beliau berharap karya-karya IGI Sintang tentang adat-istiadat, tradisi dan budaya Sintang Kalimantan Barat dapat mengisi konten Peta Budaya yang ada pada Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id/

Buka TV nonton film kolosal
jangan lupa sambal minum kopi
kalua kalian anak milineal 
Sudah baca buku belum hari ini?

Show comments